Pelatihan Ternak Lebah Trigona Sp Untuk Pengelola Hutan Kemasyarakatan Desa Terong

1014x 06-07-2023 02:44:13 Berita
Pelatihan Ternak Lebah Trigona Sp Untuk Pengelola Hutan Kemasyarakatan Desa Terong

Kegiatan Pelatihan Budidaya Lebah Trigona Sp yang di adakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Balai Diklat Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Bogor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang berlangsung di Desa Terong sejak tanggal 8 Juni sampai tanggal 11 Juni 2021 berjalan dengan lancar dan sukses.

Narasumber sedang memberikan materi pelatihan ternak Lebah Trigona Sp
Kegiatan ini juga di dukung oleh KPH Belantu Mendanau Kabupaten Belitung, Penyuluh Pendamping Hutan Kemasyarakatan (HKm) yang ada di Desa Terong termasuk mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Terong, Kepala Desa Terong dan aparatur pemerintah Desa Terong Kecamatan Sijuk.
Adapun peserta pelatihan adalah pengurus dan anggota HKm Bukit Tebalu Simpor Laki (Ketua Maulidi) dan HKm Mitra Tebalu (Ketua Robhin) yang ada di Desa Terong sebanyak 20 peserta. Selama mengikuti pelatihan mereka sangat antusias mendengarkan paparan yang disampaikan oleh para narasumber. Narasumber yang menyampaikan materi dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Ir. Widowatty HS.MSi dan Dicky Iskandar Zulkarnaen, SE, MM serta narasumber lokal Belitung sebagai praktisi langsung pelaku ternak Lebah Trigona Sp dari Desa Terong yaitu Bapak Saryadi.

Foto bersama Narasumber saat berkunjung ke lokasi ternak Lebah Trigona Sp milik Bapak Saryadi
Yang membuat peserta makin semangat mengikuti pelatihan ini adalah karena model pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi dua hari pertama adalah pemaparan secara teoritis tentang motivasi dan ternak Lebah Trigona Sp. Sedang sesi dua hari kedua adalah dengan praktek dan mengunjungi langsung ke lokasi ternak Lebah Trigona Sp yang sudah berjalan milik Bapak Saryadi.
Program pelatihan ini sendiri dlakukan oleh pihak Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Balai Diklat Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Bogor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kapasitas pengelola Hutan Kemasyarakatan yang sudah mempunyai ijin kelola dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia agar bisa lebih terberdayakan dengan maksimal serta mempunyai jiwa usaha yang mandiri sesuai dengan potensi yang ada.

Peserta Pelatihan Ketua HKm Bukit Tebalu Simpor Laki Maulidi dan Ketua HKm Mitra Tebalu sedang mencoba menghisap air madu/lebah Trigona Sp langsung dari kotak sarangnya.
Semoga ke depan program-program yang sifatnya untuk pengembangan sumber daya manusia bagi pengurus dan pengelola hutan kemasyarakatan yang sudah mempunyai ijin kelola dapat terus dilaksanakan oeh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia agar keberadaan hutan yang lestari dapat menimbulkan dampak ekonomi dan kehidupan yang lebih sejahtera bagi masyarakat sekitar kawasan hutan negara.

Penulis : Iswandi

Sumber Foto : Ibu Ria Mariana,AMd (UPTD KPHL Belantu Mendanau)

Posting Terkait